Kegiatan Penyebab Berat Badan Naik

Kegiatan Memicu Naiknya Berat Badan | Hal-Hal Penyebab Berat Badan Naik: Menjaga berat badan agar selalu stabil mungkin sering dilakukan, dengan diet dan gaya hidup yg sehat. Tapi kadang kegiatan sehari-hari atau beberapa momen spesial bisa berpotensi menaikkan berat badan kamu.

Penyebab Berat Badan Naik

Tambahan tumpukan lemak tubuh dan badan gemuk, kadang gak terduga dan menyebalkan, maka ketahui beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan naiknya berat badan kamu berikut:

* Begadang
Beberapa penelitian yang menghubungkan kurang tidur dengan naiknya berat badan. Kurang tidur membuat produksi hormon kortisol dan keinginan untuk mencari makanan kecil meningkat. Makan makanan berkalori tinggi pada malam hari seperti: cokelat, keripik kentang, martabak manis, es krim, dll, tentu cara yang paling ampuh untuk menambah lemak tubuh. Hasil penelitian menemukan orang yang tidur kurang dari 5 jam sehari berpotensi menambah lingkar perut 2 1/2 kali lebih banyak. Nah karena itu, usahakan sebisa mungkin tidur 7-8 jam perhari.

* Patah Hati
Putus cinta berjuta rasanya. Ada yang susut berat badan, tapi gak sedikit juga yg bertambah berat badan karena ditinggal pacar. Kesepian usai putus cinta sering bikin kita ingin mengurung diri di rumah, Sahabat terbaik jatuh pada makanan yang bisa membuat hati senang. Makan es krim, cokelat, atau makanan-makanan berlemak tinggi yang bisa bikin lebih nyaman, tapi gak terasa, diam-diam lingkar pinggang pun makin melebar.

* Stress
Masalah di tempat kerja sampai problema keluarga bisa memicu timbulnya stres. Stres sangat berpotensi mengundang datangnya lemak berlebih. Stres membuat orang ingin mencari kenyamanan untuk menenangkan diri, salah satunya dengan makanan. Tentu hal ini berbahaya kalo dilakukan berulang kali setiap menghadapi masalah. Hasilnya, tumpukan lemak semakin tumbuh subur dalam tubuh.

* Liburan
Saat liburan merupakan masa rentan naiknya berat badan. Karena liburan merupakan kegiatan menyenangkan, tak sedikit yang melonggarkan diet untuk bersenang-senang. Gak ada yang salah sih, tapi jangan sedih kalo jarum timbangan terdongkrak beberapa angka. Liburan atau mudik ke rumah keluarga selalu penuh dengan jamuan makanan.
Berikut beberapa Tips menjaga berat badan agar tak naik drastis saat liburan:

- Batasi Jumlahnya
Manjakan diri kamu cuma pada satu waktu makan dalam sehari. Sebisa mungkin pilihlah waktu makan pagi atau siang, karena setelah itu kamu masih sibuk beraktivitas dan bisa membantu membakar kalori.

- Aktif Bergerak
Liburan memang saatnya bersantai, tapi kalo kamu baru selesai menyantap makanan berkalori tinggi gak ada salahnya imbangi dengan kegiatan yang membakar kalori. Berenang, berjalan kaki menjelajahi daerah sekitar, atau bersepeda keliling tempat berlibur bisa menjadi alternatif yang menyenangkan.

- Perhatikan Keseimbangan
Pilih salah satu, pencuci mulut, makanan utama, atau minuman yang akan memanjakan lidah kamu. Kalo kamu memutuskan memesan makanan utama yang berlimpah kalori, seimbangkan dengan minuman yang gak berkalori seperti air putih. Makanan utama ditemani dengan minuman dingin yang manis, serta pencuci mulut yang berlemak akan membuat kamu sukses menyimpan semakin banyak lemak cadangan di pinggang.

Itulah beberapa kegiatan yang mengakibatkan naiknya berat badan. Dengan mengetahui sedikit Penyebab Berat Badan Naik diatas, semoga bisa bermanfaat. Disalin Arie Pinoci sumber yahoo.com dan google.com. Baca juga Tips Menurunkan Berat Badan.


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))