Memberi Obat Cacing Pada Kucing



[imagetag]

Pemberian obatcacing pada hewan kesayangan sangat penting untuk mencegah berbagai infeksicacing. Banyak pemilik tidak menyadari hewan kesayangan mereka telah terinfeksicacing sampai terlihat adanya gejala klinis yang ditimbulkan, dan kebanyakanketika gejala klinis yang ada muncul maka akan berakibat buruk pada hewankesayangan mereka. Akibat yang ditimbulkan seperti kehilangan nafsu makan,kehilangan berat badan, batuk, diare dan muntah cukup banyak. Kegiatanpencegahan sangat penting dilakukan, karena meskipun diletakkan di kondisilingkungan yang bersih tidak menjamin hewan kesayangan kita terbebas dariinfeksi cacing. Anjing atau anak anjing dapat terinfeksi cacing dari gigitankutu, gigitan nyamuk atau kontak dengan anjing lain yang terinfeksi.

Programdeworming rutin yang direkomendasikan oleh

American Association of VeterinaryParasitologists (AAVP), the Centers for Disease Control and Prevention (CDC),and the Companion Animal Parasite Council (CAPC), untuk anak anjing sebaiknya memulaipengobatan pada usia 2 minggu, berulang pada 4, 6, dan 8 minggu,kemudianlakukan tindakan pencegahan tiap 3 bulan. Pemberianobat cacing pada kucing dapat dimulai pada usia 3 minggu karena infeksiprenatal tidak terjadi pada kucing. Pemberian selanjutnya diulangi pada usia 5,7, dan 9 minggu, kemudian pencegahan setiap 3 bulan.

Infestasicacing kadang-kadang mudah untuk dilihat.

Kucing akan memuntahkan cacing hidupdalam infestasi cacing gelang yang buruk. Jika tidak, Anda mungkin melihat cacing pada tinja atau tidak samasekali. Segmen cacing pita dapat terlihat di ujung belakang kucing di dekatrektum atau di tempat tidur nya. Cacing ini terlihat pucat seperti benih kecilketika kering. Jika baru muncul pada rektum, pemilik mungkin melihat segmenbergerak. Cacing tambang yang tidak mudah terlihat seperti cacing gelang ataucacing pita. Pemilik kucing harus mencurigai infestasi cacing tambang padakucing lesu dengan bulu kusam. Oleh karena ituuntuk diagnosa jenis cacing dan pemberian obat cacing yang tepat yangmenginfeksi hewan kesayangan anda, sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

Beberapa obatcacing bekerja untuk membunuh cacing dewasa, namun perlu diulang untuk membunuhtelur cacing yang tidak bisa dimatikan oleh obat cacing tadi, yang dalamsiklusnya telah menetas menjadi cacing dewasa. Jadwal pengobatan yangdirekomendasikan sejak umur 2 minggu bertujuan untuk membunuh semua ascarids(cacing gelang), yang mungkin berasal dari susu induk anak anjing atau anakanjing mungkin telah terinfeksi telur dari lingkungan. Anjing dewasa lebihmungkin terinfeksi dengan cacing tambang atau jenis lain dari cacing daripadadengan ascarids.

[imagetag]

Cacing pitaadalah parasit yang sangat umum dari anjing dan kucing. Cacing ini palingsering ditularkan oleh kutu, parasit ini juga menular pada manusia yangtermakan makan kutu yang terinfeksi. Cacing ini akan mati dengan obat cacinggolongan praziquantel. Contoh obatyang mengandung bahan aktif praziquantel seperti Drontal plus yang mengandung 50mg praziquantel. Selain untuk cacingpita, obat ini jg membunuh jenis cacing Cacing Tambang ( Ancylostoma caninum, Uncinariastenocephala), Cacing Gelang ( Toxocaracanis, T oxascaris leonina), danCacing Cambuk ( Trichuris vulpis). Beberapaobat-obatan mengobati hanya jenis tertentu cacing, cacing pita atau seperticacing gelang, sementara yang lain mengobati beberapa jenis sekaligus.

Selainmelakukan pemberian obat cacing, pemeriksaan feses tahunan juga sebaiknyadilakukan. Pemilik hewan sebaiknya berhati-hati dalam memberikan obat cacingsendiri, karena obat cacing bisa sangat beracun untuk hati hewan kesayangan anda. Sebaiknya berikan sesuai anjuran dan selalu konsultasikandengan dokter hewan yang anda percaya.

[imagetag]

Sumber

#bcfda5


Recommended Posts :

0 komentar:

Posting Komentar - Back to Content

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))